EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Selamat Datang di Websiteku | Sebuah web yang berisikan segudang Ilmu yang bermanfaat silahkan baca Tulisan Inspiratif Yang semoga saja dapat memberikan Ilmu dan pemahaman baru bagi para pembaca | Jangan Lupa Like dan Tinggalkan Pesan Anda Pada Kotak Pesan Disamping Kanan |

Minggu, 11 Januari 2015

Luangkanlah Waktu Untuk Al-Qur'an


Luangkanlah Waktu Untuk membaca Al-Qur’an

Ceritaku:

Coba bayangkan betapa mirisnya, Sekolah yang menyandang gelar Agama, ada mahasiswa yang saat sidang munaqosah membaca moto yang dibuat dengan ukiran indah dalam bentuk bahasa arab dalam skripi yang telah dibuat, tak mampu membacanya walau hanya satu huruf sekalipun. Betapa miris sekali ini. Siapa yang harus disalahkan? Sekolah itukah? Atau mahasiswa yang bersangkutan.

Jauh setelah kejadian tersebut, dalam sebuah kesempatan aku bertemu dengan seorang sahabat, saat aku sedang menghafal salah satu ayat Al-Qur’an, ia berkata aku punya video qiro’ah. Sejenak aku menghentikan hafalanku dan segera melihat video yang berdurasi 9 menit 40 detik, Subhanallah, tak mampu diucapkan dengan kata-kata. Kata bagus, tidak cukup untuk menggambarkan apa yang aku lihat dan aku dengar. Permasalahannya, dari kedua ceritaku, mereka sama-sama memiliki input waktu yang sama yakni 24 jam sehari akan tetapi output yang dihasilkan sangat berbanding terbalik. Jawabanya ada pada manajemen waktu, apakah 24 jam itu dioptimalkan untuk terus belajar dan memperbaiki diri ataukah hanya dipergunakan untuk bersenang-senang saja.

Mungkin ada yang akan berkata, “Waktuku tidak hanya untuk membaca Qur’an saja, Aku bekerja seharian untuk keluarga, teman dan sahabatku” all right! Dan itu memang benar!. Ada kisah lain yang belum sempat aku ceritakan selain kedua cerita yang sudah aku paparkan sebelumnya. Cerita ini jauh sebelum aku menjumpai kedua cerita ditas. Langkahku sejenak terhenti didalam sebuah rumah seorang sahabat, aku melihat sederet penghargaan yang terpampang dalam sebuah lemari kaca, aku tertarik untuk mendekati dan melihat, Subhanallah! Kalian pasti dapat nebaknya penghargaan apa itu, “Yapz benar terpampang kata Qiro’ah disana.”

Dia juga sama memiliki waktu 24 jam dalam sehari, Menjadi kepala sekolah disalah satu madrasah tsanawiyah dilampung, dengan empat orang anak, dan memiliki sebuah toko. Waktunya pun tidak sekedar untuk membaca Qur’an saja. Tapi dia mampu mengoptimalkan waktu yang telah diberikan, kau harus tau kawan, dia adalah seorang ibu dari sahabatku.

Kembali kepada topik pembicaraan, manajemen waktu itu sangat penting, bayangkan kita tidur berapa jam dalam sehari? Dan untuk beribadah berpa jam sehari? Dan untuk membaca Al-Qur’an berapa jam sehari? Untuk belajar berapa jam sehari? Untuk bekerja berapa jam sehari? Untuk bersenda gurau, berapa jam sehari? Itu semua pertanyaan sederhana dalam manajemen waktu, akan tetapi jawabannyalah yang menentukan siapa dan apa yang dihasil oleh orang itu. Mungkin sudah saatnya kita memanajemen waktu hidup kita, untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Kalian pastilah sudah paham mungkin pakarnya dalam ini, hidup kita didunia ini adalah perjalanan yang menentukan kehidupan kita di akhirat kelak.

Mungkin benar apa yang ada dalam fikiran kalian, Aku bukanlah seorang yang hafal seluruh isi dalam Al-Qur’an. Setidaknya aku sedang dalam proses itu, mungkin aku tidak sebaik dan sehebat mereka yang aku ceritakan dan juga tidak sebaik para sahabat pada masa rasullah SAW dan juga para hafiz Qur’an pada masa ini. Akan tetapi disini aku terus berusaha untuk memperbaiki diri lagi dan lagi sampai dimana waktu yang telah diberikan kepadaku mencapai batasnya.

Tips untuk membaca Al-Qur’an

Juz Amma atau Juz 30 itu terdiri dari tiga puluh tujuh surat, dan hanya 3 ayat pertama memiliki ayat terpanjang, yakni, An-Naba terdiri dari 40 ayat, An-Nazi’at terdiri dari 46 ayat dan Abasa terdiri dari 42 ayat, dalam Al-Qur’an kecil terbitan Syamil Al-Qur’an yang aku miliki, juz 30 itu terdiri dari dua puluh tiga halaman.

Jadi bukan hal yang tidak mungkin dalam satu bulan kita dapat mengahfal juz 30 atau yang sering dikenal dengan Juz Amma. Ini adalah trik sederhana untuk menghafal Al-Qur’an. Akan tetapi bagi kita yang sudah terlalu jauh dari Al-Qur’an akan terasa berat untuk mengahfal satu halaman dalam satu hari, akan tetapi itu semua bukanlah menjadi alasan untuk kita menjadi malas mengfal Al-Qur’an.

Semangat dan motivasi dalam membaca Al-Qur’an itu dalam diri setiap orang itu berbeda-beda. Setidaknya ada hal yang mudah dan menyenangkan dalam membangitkan semangat dan motivasi kepada diri kita yakni, mendengarkan murotal Al-Qur’an dengan nada dan suara yang disukai, misal Abu-usamah, El-Afasy, Ghomdi, Syaikh Rifa’i dan yang paling saya suka adalah Murotal Al-Qur’an dari Ziyad Patel tapi tidak mudah untuk mendapatkan murutal ini.

Coba berfikir sejenak dan ambilah sebuah keputusan dan tindakan.Isilah Hand Phone Anda dengan murutal Al-Qur’an yang dengan mudah kita dapat baik dari Internet maupun outlet yang menyediakan jasa pengisian Al-Qur’an dalam format yang anda sukai baik mp3 maupun mp4, dan dengarkanlah, saat anda sedang belajar, saat sedang sendiri, saat di kesunyian malam, bahkan saat di spertiga malam. Insya Allah sedikit demi sedikit akan memunculkan minat anda untuk membaca bahkan menghafalnya.

Mari kita berfikir kembali waktu yang telah diberikan itu 24 jam sehari, 1440 menit sehari, mari kita berikanlah waktu kita 60 menit dalam sehari untuk membaca Al-Qur’an, maka tidak dapat dipungkiri 1 juz dapat diselesaikan dalam kurun waktu tersebutdan dalam 1 bulan maka kita dapat mengkhatamkan Al-Qur’an. Maka dalam setahun kita dapat dua belas kali mengkhatamkan Al-Qur’an. Ini teknik untuk membaca Al-Qur’an secra sederhana, dan bayangkanlah bila kita mampu meluangkan waktu lebih banyak dari 60 menit!.

Jadi, sekarang keputusan itu berada dalam diri kita, apakah waktu yang telah diberikan akan dimanfaatkan semaksimal mungkin atauhanya terbuang sia-sia dan menjadikan kita terlena akan kehidupan yang sifatnya sementara ini. Setidaknya kawan, membaca dan mengahafal Qur’an itu termasuk ibadah dalam Agama kita, dan masih banyak bentuk ibadah-ibadah lain yang telah diajarkan.

Mari bersama kita manajemen waktu kita semaksimal mungkin, dan kau pastilah tau kawan kematian itu adalah hal yang pasti!.Kau harus tau kapan pentingnya waktu itu, hingga dalam Al-Qur’an pun tersirat dilamnya, “Demi masa..”. Setidaknya mari bersama kita bawa bekal untuk menuju hal yang pasti itu. Dan tentunya kita sudah tau akan hal ini, waktu itu ibarat pedang yang menebas bagi siapa saja yang menyia-nyiakannya dan waktu sedetik yang berlalu takan pernah kembali lagi.

Wallahualam bisshowab...

0 komentar:

Posting Komentar